SEPATU LOKAL GO INTERNASIONAL


    "CINTAILAH PRODUK-PRODUK INDONESIA." Slogan yang sering kita dengar lewat iklan di televisi ini adalah dorongan untuk membeli dan mencintai produk dalam negeri. Indonesia bukan hanya memiliki desainer ternama saja, melainkan juga memiliki produk fashion berkelas dengan nama yang cukup besar, yaitu Compass. Sepatu Compass banyak menyita perhatian publik. Bahkan pabrik sepatu Compass sampai masuk ke berbagai media mulai dari TV, koran, sampai media daring dan Sosial Media.

     Bagi kalangan pecinta sneaker atau biasa disebut Sneakerhead, pasti sudah tidak asing dengan nama Sepatu Compass. Brand ini berasal dari Bandung dan sudah ada sejak tahun 1998. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan sosial media yang cepat, Sepatu Compass semakin terkenal di berbagai kalangan, tidak hanya di Indonesia melainkan juga di luar negeri. Brand sepatu yang berawal dari bisnis keluarga kecil ini menjelma menjadi brand kelas di negeri ini dan tidak pernah gagal membuat inovasi yang mengundang kagum.

    Dari segi kualitasnya, sepatu Compass banyak dicari karena kualitasnya yang lumayan bagus. Bahkan, kualitas sepatu Compass, bisa dikatakan setara dengan sepatu brand luar negeri yaitu Converse, namun masih dengan harga yang lebih murah. Terlebih lagi, banyak brand luar yang produksinya di Indonesia. Sehingga, dari segi kualitas, brand lokal tentunya tidak kalah saing.

“Kualitasnya sih sebenarnya lumayan, tapi gimmick yang dia lepaskan belum pernah ada di Indonesia. Hanya Compass yang sanggup membuat orang sampai antri...” (dr.Tirta, 2018)

    Dilihat dari modelnya, sepatu Compass hadir dengan model yang bervariatif. Mulai dari model biasa yang bernama Gazelle sampai berbagai model kolaborasinya. Dan tentu saja yang sangat dicari para pecinta sepatu adalah model-model Kolaborasi sepatu Compass dengan banyak pihak. Seperti PotMeetsPop, Elders.Co, Kelompok Penerbang Roket, dan yang saat ini sedang heboh adalah Kolaborasi internasional Sepatu Compass x Fxxking Rabbit. Brand asal jepang yang sangat dikagumi para pecinta Fashion di seluruh dunia, jadi bisa dibilang Sepatu Compass sudah Go Internasional.

    Dari segi keuntungan. Pembeli yang mendapatkan sepatu Compass kemudian menjualnya kembali cukup mendapatkan keuntungan yang besar. Karena ketersediaan barang yang sangat langka, dan cara mendapatkannya masih terbilang susah. Seperti mengantri di event atau menunggu di Website E-Commerce dan bisa dibilang “Rebutan Online”. Harga sepatu Compass bisa mencapai 2x lipat untuk seri Gazelle, dan bisa 5x lipat untuk setiap seri Kolaborasinya. Jadi sangat menggiurkan, itu mengapa banyak orang yang ingin mendapatkan sepatu Compass. Entah memang untuk digunakan, atau dijual kembali.

Dan dari pengalaman saya membeli dan menjual sepatu Compass, untung yang saya dapatkan terbilang lumayan, karena setiap satu sepatu Compass yang terjual saya bisa mendapatkan keuntungan 100-200 ribu rupiah. Penjualan sepatu Compass selain menguntungkan juga tidak memerlukan lapak, karena saat ini sudah bisa berjualan secara online seperti di Tokopedia, Shopee, dan juga banyak toko online di Instagram. Karena pasti ada yang mencari dan membelinya akibat dari sulit mendapatkannya. Hal ini lah yang membuat penjual maupun penggemar sepatu Compass semakin banyak di Indonesia. Bahkan sampai mancanegara.

Oleh karena itu, sepatu Compass merupakan salah satu brand lokal go internasional yang harus kita dukung. Hal ini patut kita banggakan karena brand lokal kita berkualitas, dengan model yang bervariasi, dan profit yang sangat menguntungkan. Maka itu kita jangan hanya membeli produk dari brand luar, tapi kita harus mencintai dan membeli produk dalam negeri seperti Sepatu Compass ini. Jadi, Ayo kita bangga dan dukung Brand lokal kita agar terus Go Internasional.


Arya Wijaya

SIF 2020 / 2020081017

Comments

Post a Comment