Ponsel Dalam Pembelajaran di Sekolah
Ponsel Dalam Pembelajaran di Sekolah
Menurut saya ponsel sangat membantu untuk mendukung program belajar. Karena dengan ponsel kita jadi lebih mudah berbagi dan mencari informasi untuk mendukung program belajar kita, serta kita dapat dengan mudah berinteraksi dengan teman, guru, dan orangtua kita.
Saat ini handphone atau
dalam Bahasa Indonesia disebut Ponsel memang bukan barang langka lagi, karena
hampir semua orang mempunyai ponsel. Mulai dari anak kecil, remaja, dan
orangtua. Betapa mudahnya memiliki barang tersebut, datang ke toko Handphone lalu
pilih ponsel sesuai keinginan dan kemampuan ekonomi kita. Di sekolah,
penggunaan ponsel pada saat jam pelajaran mungkin sekarang sudah biasa. Menurut
saya hal itu sangat membantu untuk mendukung program belajar. Dengan
kemudahan mengirim dan mencari materi pelajaran serta membantu berinteraksi
dengan teman sekelas ataupun di luar kelas serta dengan orangtua.
Penggunaan ponsel untuk membantu
pelajaran cukup efisien, ditinjau dari segi berbagi materi dan informasi.
Selain itu, dengan kita menggunakan ponsel untuk pelajaran, itu juga dapat
membantu jika pengajar tidak hadir dan membawa materi pelajaran, dengan
salinda pengajar bisa mengirim materi yang akan disampaikan. Jadi jika
berhalangan hadir siswa tetap mendapat materi yang diajarkan, tidak perlu
menunggu pengajar datang. Cukup mengirim file materi ke ponsel tiap-tiap
siswa. Jika materi yang dikirim pengajar kurang jelas, pelajar juga lebih
mudah mencari informasi yang dibutuhkan dengan Googling. “Salah satu peran Teknologi komunikasi di
era globalisasi ini adalah sebagai media informasi, misalnya internet. Peserta
dapat mengeksplorasi informasi yang ada di seluruh dunia dengan lebih efisien
dan efektif hanya dengan mengakses internet.”(
Ida Ayu Oka Purnami, Mahasiswi
Universitas Mahasaraswati Denpasar).
Manfaat lain penggunaan ponsel dalam
lingkungan pelajar juga memudahkan berinteraksi seperti membagi informasi ke
sesama teman. Contohnya informasi Tugas, jadwal kegiatan acara seperti Maulid
atau Pensi, informasi ujian, dan informasi Libur sekolah. Semua hal itu bisa
dengan mudah disampaikan dengan adanya manfaat dari penggunaan ponsel untuk
pelajar. Dan jika pelajar ingin menghubungi orangtuanya juga semakin mudah
dengan adanya ponsel. Seperti kutipan berikut “Perangkat
ini juga dapat menjadi alat untuk berinteraksi dengan orang lain, baik melalui
suara, maupun saling bertukar pesan tertulis, gambar diam dan gambar bergerak.”(Zulkifli Muhtar, 21 januari 2012).
Sebagian
guru memang tidak setuju dengan adanya penggunaan ponsel di lingkungan pelajar.
Sampai ada yang menyita ponsel itu dan tidak akan mengembalikan sampai saat
tertentu. Menurut mereka penggunaan ponsel hanya akan membuat pelajar semakin
malas dengan kemudahan berbagi informasi. Seperti kutipan dari Kompasiana.com
ini “Beberapa
orang beranggapan menggunakan hand phone saat jam pembelajaran membuat siswa
tidak konsentrasi. Ketika guru sedang menjelaskan materi pembelajaraan dan
siswa asyik mainan hand phone sehingga membuat siswa tidak mendengarkan guru.
Siswa juga menjadi tidak peka terhadap lingkungan sosial karena sering
menggunakan hand phone.”(Kompasiana, 17 November 2016). Tapi mari
kita lihat lebih banyak dampak positif atau negatifnya. Mungkin mereka hanya
berfokus pada dampak negatifnya seperti menyontek saat ulangan dan bermain game
saat pelajaran berlangsung. Tapi hal negatif itu bisa diselesaikan hanya dengan
mengumpulkan sementara ponsel mereka saat ujian berlangsung dan biarkan mereka
mendengarkan pengajar. Jika menurut mereka hal yang dipelajari dan cara
mengajarnya asik pasti mereka dengan senang hati mendengarkan tanpa paksaan
ataupun gangguan. Jadi menurut saya ketentraman dalam proses mengajar bukan
hanya karena ponsel, tapi juga peran guru untuk membuat suasana belajar yang
kondusif.
Sebenarnya,
dibalik beberapa dampak negatif yang diberikan, ponsel juga memberikan banyak
dampak positif. Dengan ponsel, pelajar dapat menggunakan Browser untuk
sekedar mencari materi tugas, atau istilah kerennya adalah Googling.
Dengan ponsel juga, pelajar dapat bertukar informasi dengan temannya. Pelajar
juga dapat dengan mudah berkomunikasi dengan orangtuanya. Tapi jika dampak
positif tersebut disalahgunakan, maka di mata orang lain, ponsel hanya dapat
memberikan dampak negatif bagi anak sekolah. Yang penting, tinggal bagaimana
kita menggunakan barang tersebut dengan bijaksana agar dapat memberi manfaat
untuk kita.
Comments
Post a Comment